Ada kesalahan di dalam gadget ini

Minggu, 29 Juli 2012

merubah gambar jadi patung

Hello, guys...love
Sesuai judul, tutorial kali ini akan membahas ttg Texture Displacement, dan sbg contoh sy akan sharing gmn cara membuat objek menjadi sbuah patung batu. Yg qta butuhkan tntu saja objek yg akan qta manipulasi dan tekstur batu yg cocok. Utk tekstur batu, bisa diunduh lwt google. Search aja pake kata kunci “stone texture”.
1. Oke, spt biasa buka dokumen, dan crop objek. Disini sy pake objek bayi.
img90.imageshack.us/img90/5589/57655559.jpg
Beri efek desaturate pd objek (image_adjustments_desaturate) atau ctrl+shift+U. Kmudian save as dgn nama : bayi desaturate.psd. Stlh di save as, otomatis qta ada di dokumen bayi desaturate tsb.


2. Coba perhatikan mata bayi ini.
img136.imageshack.us/img136/6746/63723888.jpg
Lucu kan? (lho...)
Sbuah patung tidak pnya bola mata. Jd hilangkan bola mata hitam itu dgn clone stamp tool (ukuran disesuaikan).
img10.imageshack.us/img10/6407/42452820.jpg Caranya tahan Alt, lalu klik di bagian yg tdk hitam. Lepaskan Alt, klik ke bag bola mata yg hitam. Seterusnya sampai bola mata tdk ada lg, spt gbr ini.
img524.imageshack.us/img524/8252/56736203.jpg
Ga perlu rapi2 koq..


3. Langkah selanjutnya qta hilangkan bagian2 lain yg tdk dimiliki patung spt rambut.
img299.imageshack.us/img299/3505/71900207.jpg
Kali ini ga perlu clone stamp tool, tp pake smudge tool aja (smua dah pd tahu smudge tool,kan). Pakai brush dgn hardness 100%, strength kira2 30%. Sapukan dibag rambut hingga kepala terlihat halus.
Lalu qta coba buat sndiri contour wajah patungnya. Caranya sapukan jg smudge tool ke bagian2 wajah.
Jdnya spt gbr ini.
img299.imageshack.us/img299/8195/27232358.jpg
(lbh bgs lg qta btk sndri contour bag tubuh lain spt tangan & kaki. Tp perhatikan gelap-terangnya, dan jgn sampai merusak btk asli tubuhnya).
Kemudian beri efek gaussian blur 2 – 2,5 pixel.
Save as lg dgn nama : bayi displacement.psd.

Jd sampe sini qta pnya 2 dokumen psd, yaitu “bayi desaturate.psd” dan” bayi displacement.psd.”


4. TUTUP (CLOSE) smua dokumen psd yg ada. Lalu buka dokumen tekstur batu hasil search di google. Gbr yg sy pake spt ini:
img140.imageshack.us/img140/304/81311121.jpg
Di langkah ini, yg terpenting adlh ukuran gbr tekstur batu hrs sama dgn ukuran gbr objek (bayi). Disini gbr bayi sy 2122 pixel x 1663 pixel. Jd gbr tektur batu sy buat dgn ukuran sama spt itu pake image_image size (scale styles & constrain proportions jgn dicentang).


5. Pilih filter_distort_displace. Sy pake default setting. Stlh pilih Ok, qta diminta memilih file displacement-nya. Tidak lain tidak bukan yaitu dokumen” bayi displacement.psd” yg td sudah qta buat (inilah gunanya td qta tutup dokumen bayi displacement.psd). Stlh Ok, akan trjdi sdkit perubahan pd tekstur batu.


6. Setelah itu, buka lg dokumen “bayi desaturate.psd”. Seleksi bayi dgn tahan ctrl+klik kiri layer, trus pilih select_save selection. Pada kolom “name” ketik “bayi”. Ok.
img8.imageshack.us/img8/4412/74197686.jpg
TANPA MENUTUP dokumen “bayi desaturate.psd”, kembali lg ke dokumen tekstur batu td yg sudah diksh displacement. Pilih select_load selection. Di kolom “document” pilih “bayi desaturate.psd” dan di kolom “channel” pilih bayi. Ok.
img268.imageshack.us/img268/9308/61878236.jpg
Akan muncul lg seleksi bayinya.


7. Buka lg dokumen “bayi displacement.psd”. Copy tekstur batu (berdasarkan seleksi) dari dokumen tekstur batu ke dokumen bayi displacement. Bisa dilakukan dgn move tool (tombol V).
img26.imageshack.us/img26/9009/42934888r.jpg
Bentuk teksur batu hrs sama kyk bentuk bayi aslinya. Klo ga sama, ulang lg dari awal. Letakkan tekstur batu berbentuk bayi tsb tepat di atas bayi displace (pake move tool). Spy gampang, snap hrs aktif. Caranya, pilih View_snap atau ctrl+shift+;
Tp klo snap dah aktif ya ga pelu lg.
Ubah blending mode dari tekstur batu tsb menjadi multiply. Jdnya spt ini:
img524.imageshack.us/img524/3695/71582535.jpg
Hasilnya berbeda ketimbang qta cm maen blending aja tanpa pake diplacement. Krn dgn menggunakan displacement yg td contournya qta bwt sndri, otomatis tekstur batu akan mengikuti contour yg qta buat.

8. Ya.. setidaknya bagian yg menyebalkan dari tutorial ini sudah lewat. Skrg tinggal bermain dgn lighting. Klo qta liat gbr diatas msh terlihat kaku, krn lighting-nya msh blm bener. Utk itu qta buat sndri sisi gelap-terang dari patung tsb dgn memperhatikan arah datangnya cahaya. Sy buat bagian gelap-terangnya hanya dengan burn dan dodge tool. Spt ini
img515.imageshack.us/img515/9734/47023408.jpg

Klo bingung, bisa lihat model gbr dibwh ini:
img190.imageshack.us/img190/3599/55520356.jpg
Keterangan gbr :
No 1. Cahaya datang dari bawah.
No 2. Cahaya datang dari arah kiri.
No 3. Cahaya datang secara diagonal dari kiri atas ke kanan bawah.
No 4. Cahaya datang dari atas.
Utk gbr patung, sy buat cahaya datang dari arah kanan atas ke kiri bawah bidang gbr, jdnya ya kyk gbr diatas. SEKALI LAGI, Sy buat bag gelap-terangnya cuma pake burn dan dodge tool. Burn tool utk bag gelap, dodge tool utk bag terang. Smua pengaturannya tergantung gbr jg, yg jls utk burn dan dodge toolnya pake range midtones, exposure antara 10 -25 %. Utk bag yg sempit, ukuran brush diperkecil dan exposure dinaikkan. Sebaliknya utk bag yg lebar, ukuran brush diperbesar dan exposure dikecilin. (pake feeling..)
Ya...Sy ga bs bantu byk2..(Sy aja pusing bgt gmn cara bwt tutorial ini spy bs dimengerti)..headace Masalah shadow-highlight memang permainan feeling dan imajinasi, yg tentu saja berbeda antara org yg satu dgn yg lain. Kuncinya byk berlatih spy imajinasi smakin meningkat, plus hrs sabar. (tp ga usah pake rokok...hehe..)


contoh aplikasi:
img297.imageshack.us/img297/8376/cth1.jpg img8.imageshack.us/img8/6603/cth2.jpg
Sy buat patung wenger ama kuda terbang pasir jg pake teknik diatas. tekstur batu yg patung wenger sama kyk diatas, klo yg kuda pasir ya pake tesktur pasir. Silahkan berimprovisasi dgn tekstur2 lain yg ada spt kayu, besi, marble, carbon fiber, dll...

Okay, see you all...love